Punya buku sendiri adalah “impian” bagi ribuan penulis pemula. Namun ada tahapan yang harus mereka lalui sebelum bukunya nangkring di rak toko buku ternama, apalagi sampai berlabel “best seller“.

Memang benar adanya tidak ada cara instan jadi penulis. Semuanya harus melalui tahapan dan fase yang itu harus melalui perjuangan yang “berdarah-darah”.

Opsi untuk nerbitkan buku bisa melalui dua jalur, melalui penerbit mayor atau indie (self publishing). Masing-masing jalur nerbitkan buku ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Berikut secara umum nilai plus dan minus masing-masingnya:

Nilai Plus Penerbit Mayor:

  1. Jika diterbitkan oleh penerbit sekelas Gramedia, Mizan, Elex Media Koputindo, Agromedia, GIP, Pro-U, dll adalah sebuah prestise besar bagi seorang penulis pemula. Karena mereka telah mampu membuktikan kualitas tulisan yang setara dengan penulis beken lainnya.
  2. Penghasilan royalti yang pasti jadwal pembayarannya, biasanya enam bulan sekali walau besar kecilnya tergantung dari hasil penjualan selama satu semester itu.
  3. Bisa dapat uang cash, jika penulis lebih memilih jual putus di muka dengan harga sekian juta.
  4. Penerbit membantu promo buku dan mengadakan berbagai even untuk mengatrol penjualan, sehingga penulis tidak perlu mumet memikirkan masalah pemasaran.

Minusnya Penerbit Mayor:

  1. Seleksi yang ketat dan membutuhkan waktu yang lama biasanya antara 3-6 bulan.
  2. Jika pun sudah acc terbit buku harus masuk waiting list sesuai dengan prioritas penerbit. Jika nasib mujur bukunya bisa segera diproses, tapi jika kurang beruntung nunggu di bangku “waiting list” bisa satu tahun lebih.
  3. Royalti yang diterima relatif lebih kecil dan jumlahnya belum pasti, kadang besar kadang sedikit, semuanya tergantung pada banyaknya yang laku.
  4. Pembayaran royalti yang enam bulan sekali terbilang lama, dan penulis harus lebih banyak bersabar.

Plus Penerbit Indie (self publishing):

  1. Penulis bisa nerbitkan dan cetak buku sendiri sesuai dengan keinginan, tidak perlu menunggu lama. Disarankan tetap menjaga kualitas tulisannya.
  2. Secara idealisme lebih memuaskan hati, karena tidak terdogma oleh selera pasar seperti yang harus dilakukan oleh penerbit mayor.
  3. Keuntungan nerbitkan buku sendiri lebih besar. Selisih harga jual dan biaya cetak lumayan besar (jika cetak dalam jumlah banyak maka biayanya lebih kecil, perbandingannya harga jual bisa 4-5 kalibiaya cetak) sehingga keuntungan yang didapat lebih banyak.
  4. Penghasilan didapatkan sebanyak buku yang mampu terjual dan itu langsung masuk kantong.
  5. Bagi penulis yang berjiwa bisnis, ini adalah cara paling jitu untuk menangguk keuntungan yang lebih besar, sembari mengibarkan nama sebagai penulis keren.
  6. Penulis bisa mendisain sendiri tampilan cover dan layout isi buku sesuai dengan keinginan.

Minus Penerbit Indie:

  1. Harus keluar modal di awal untuk dana cetak dan nerbitkan buku.
  2. Risiko kalau buku tidak terjual sesuai dengan target alamat akan “memakan modal” biaya cetak bukunya.
  3. Harus berkeringat untuk memasarkan buku sendiri.

Nah, setelah membaca kelebihan dan keuntungan dari cara nerbitkan buku di atas, Anda bisa memilih jalur mana yang akan diambil. Selamat mencoba.

Kami Penerbit Writing Revolution (melalui lini percetakan WR Printing) berpengalaman mencetak lebih dari 80 judul buku dalam setahun terakhir dengan jumlah oplah puluhan ribu eksemplar. Mitra kami berasal dari berbagai kota dari Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Makassar, Aceh, Medan, Pekanbaru, Padang, Jambi, Palembang, Lampung, Malang, Tangerang, Palu, Pontianak, Samarinda, Bima, Dompu, NTT, dll. Baik dari penerbit, penulis, guru, dosen, mahasiswa, pelajar, dan intansi pemerintah/swasta/ormas dengan berbagai bidang dan genre buku.

Jenis buku yang kami cetak:

  • Novel dewasa, religi dan remaja
  • Antologi: cerpen, puisi, esai, dll
  • Pengembangan diri: psikologi populer, how to remaja, dll.
  • Hobi
  • Agama
  • Pendidikan
  • Akademis
  • Hasil penelitian
  • Traveling, dll.

WR Printing ingin membantu mewujudkan keinginan Sobat Penulis untuk mencetak buku sendiri dengan harga yang super murah, namun kualitas mantap dan harga hemat. Sebagai gambaran kami mencetak 1.000 – 2.000 eksemplar normalnya dalam waktu seminggu. Kami juga memberikan bonus kelebihan cetak dan diskon ongkos kirim (*dengan syarat dan ketentuan tertentu). Biaya kirim dari Jogjakarta ke berbagai kota di Jawa dan luar Jawa relatif murah. Jadi sangat membantu untuk menekan biaya pengiriman.

Keuntungan Cetak Buku di WR Printing:

  1. Bisa cetak buku dengan mesin offset minimal 100 eksemplar (hanya kami yang cetak offset paling minimal).
  2. Proses cepat, cetak 100 – 500 eksemplar kurang dari seminggu. Cetak 1.000 – 2.000 eksemplar hanya seminggu.
  3. Bisa cetak dalam jumlah besar di atas 5.000 eksemplar.
  4. Kami melayani order cetakan dari seluruh Indonesia secara online atau offline, dan amanah.
  5. Kualitas cetak standar seperti buku-buku yang dijual di Gramedia. Banding lem panas dan shrink (segel/bungkus plastik).
  6. Biaya yang lebih murah dibandingkan percetakan lain. Info lengkap klik DI SINI.
  7. Ongkos kirim relatif lebih murah dari Yogyakarta ke seluruh kota di Jawa dan di luar Jawa.

Pemesanan cetak buku kami tawarkan mulai dari 100 s.d. 3000 eksemplarWR Printing juga bisa cetak buku dalam jumlah besar (di atas 5.000 eksemplar). Dengan Finishing cover glosy/doffshrink (segel plastik), dan bending lem panas.

Prosedur Cetak Buku:

  1. Setelah disepakati harga cetak buku sesuai dengan spesifikasinya, kemudian pembayaran DP cetak 40-50% dari biaya cetak. Pelunasan setelah buku selesai dicetak.
  2. File naskah buku  siap cetak format PDF/Indisgn, cover coreldraw/JPEG resolusi 300 pixel, kami sarankan untuk menyertakan juga font isi buku. File naskah belum layout dikirim format MS WORD (Document).
  3. Naskah buku dan cover dikirim ke email: wr_printing@yahoo.com
  4. Proses layout dan desain cover 2-4 hari (tergantung revisi covernya), mencetak buku sekitar seminggu.
  5. Buku dikirim ke alamat penulis dengan Wahana Logistik, Dakota, Pahala Kencana atau sesuai dengan keinginan pengorder buku.

Informasi harga cetak buku klik: HARGA CETAK BUKU

Komentar ditutup.